SITUS MOHAMMAD ARSIN

SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI " WWW.MOHAMMAD ARSIN.BLOGSPOT.COM" SEMOGA BERMANFA'AT

Selasa, 06 September 2016

Khutbah Idul Fitri (Bahasa Sunda)

Khutbah Idul Fitri (Bahasa Sunda)

Bagian Kahiji
اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كبيرا وَاْلحَمْدُ للهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ الله بُكْرَةً وَ أَصْيْلاً لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ اَكْبَرْ اللهُ اَكْبَرْ وَللهِ اْلحَمْد
إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ.
وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.
أَمَّا بَعْدُ؛
يَا أَيُّهَا النَّاسُ أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.
قَالَ تَعَالَى: يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ.

Allahu akbar 3x wa lillahil hamd,
Durugdugna sora bedug, awor jeung seahna sora-sora munajat, ungkapan-ungkapan ngagungkeun asma Alloh anu Maha Kawasa, ku ucapan Takbir, Tahmid, Tasbih, jeung liana, anu teu kendat-kendat ti tadi peuting, ngagambarkeun rasa kabungah anu taya papadana, mudah-mudahan  sing jadi tanda syukur ka Alloh swt, sakumaha ungkapan Hukama :
  مَنْ لَمْ يَشْكُرِ النِّعَمَ فَقَدْ تَعَرَّضَ لِزَوَالِهَا وَمَنْ شَكَرَهَا فَقَدْ قَيَّدَهَا بِعِقَالِهَا.
“ Jalma nu teu daek syukur ni’ mat sarua jeung nangtang leungitna ni’mat, tapi lamun syukur ni’ mat maka  eta sarua jeung nyangcang ni’mat anu moal leupas deui.”
Tina rengse urang ngalaksanakeun ibadah puasa sabulan campleng lilana,  saterusna pidawuhna dina surat Al-Baqoroh ayat 185.
 وَلِتُكْمِلُواالْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوااللهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونْ.
 “ Pek sampurnakeun ku aranjeun itungan bulan Romadlon, sarta dimana geus sampurna sabulan, pek baca Takbir,  agungkeun Alloh tina sabab Mantenna tos mere hidayah ka aranjeun, sangkan aranjeun syukur . “
Hadirin jama’ah ‘Id anu dimulyakeun ku Alloh.
Hiji hal anu teu kaliwat pentingna tur perlu ku urang dilenyepan tina kisah-kisah para sahabat nabi nyaeta sikap geuwat tina raraga nyumponan parentah Allah. Aranjena tara pernah nunda-nunda, aranjeuna oge ngalaksanakeun parentah secara totalitas, tegesna sakabehna!. Momentum idul fitri ieu, anu hadir saparantos urang sarerea ngalaksanakeun shoum dina sasasih lamina, saestuna hadir, salah sahiji hikmahna kangge ngadisiplinkeun raga tur hate urang dina nyumponan sagala anu diparentahkeun ku Allah.
Urang sarerea bisa ngalenyepan tina lobana riwayat anu nyaritakeun geuwat tur gesit na generasi awal umat  islam, sarta sikap serius tina ngalaksanakeun parentah Allah.
Ngariwayatkeun Imam Bukhori ti Aisyah r.a, Anjenuna nyarios:
Mugi-mugi Allah nyumponan rahmat ti kaum Istri nu hijrah paling awal, nalika Allah nurunkeun ayat 31 surat Annur
“Dan hendaklah mereka mengenakan kain kerudung mereka diulurkan ke arah baju mereka”
Anu dipilampah ku aranjeuna kaum istri, nyaeta geuwat nyobek kain sarung, ngadudut lawon, tur langsung dianggekeun kangge nutupan mastakana.
Aya oge kisah sahabat Umair dina nalika perang badar anu ngalungkeun korma kusabab teu sabar hayang geuwat jihad nyambut seruan ti Allah sareng rosulna.
Sareng saderet kisah lian na, anu parantos dicontohkeun ku generasi awal umat islam nandakeun yen dina nyumponan parentah Allah, sikap geuwat, sigep, tur serius ngarupakeun hiji hal anu kudu dilakukeun ku urang salaku hamba. Salah sahiji ciri kualitas iman urang ningkat saparantos didisiplinkeun ku sasih shiyam nyaeta hente nampakna hiji sikap ragu kana syareat Allah sareng eweuh sakolebat oge pikiran kangge nunda parentah Allah.  
Hadirin jama’ah ‘Id anu dimulyakeun ku Alloh.
Saestuna kakiyatan umat Islam kapungkur dina ngajalankeun parentah Allah kabuktos sareng diakui. Sanes wungkul ku urang sorangan umat Islam, bahkan jelema nu lain islam jeung para orientalis oge ngaku kana kahebatan generasi islam kapungkur tina nyekel pageuh syareat Islam, sareng aranjeuna oge mere pengakuan yen iyeu ngarupakeun hiji factor kadigjayaan umat Islam.
George Sarton, salah sahiji pakar sejarah Internasional ngungkapkeun
“tidak ada manusia yang pernah menjadikan agamanya seserius seperti yang dilakukan orang islam. Ini tidak meragukan lagi, sebab utama dan kekuatan mereka melawan musuh-musuh mereka yang terpecah belah dan kepercayaan yang memang lemah dan dangkal”
Anu diungkapkeun Sarton di luhur, sajalan sareng nu pernah di ungkapkeun ku Michael Hearth yen perubahan terbesar sapanjang sejarah umat manusia adalah perubahan terbesar yang dilakukan umat islam di abad VII M. umat islam tina masa-masa jayana hirup dina hiji payung hukum nyaeta Islam, anu berhasil ngebangun wilayah nu luasna ti Spanyol nepika batas Cina.
Hadirin jama’ah ‘Id anu dimulyakeun ku Alloh.
Sakabeh prestasi ieu tangtu kudu jadi bahan introspeksi kangge urang sarerea. Di zaman modern ieu loba pisah pilampah anu melenceng tina atiran Allah. Seecara terang-terangan syareat islam dicampakeun. Hukum-hukum muamalat jeung ukubat ku urang diantepken bahkan dipiceun. Ayeuna urang sarera kapaksa make hukum-hukum barat anu awauh sangkut pautna jeung Islam. Padalah Allah parantos nantang urang sarera tina sikap make hukum-hukum salian ti Islam.
“Apakah hukum jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin?” (QS. Almaidah, 50) 
Bisa katempo kuurang sadayana, yen urang sarera saolah-olah geus nembongkeun sikap satuju tur bogoh kana kamaksiyatan. Penyiar televisi nu ngumbar aurat, ratusan juta umat islam saolah-olah ngantep hente nembongkeun sikap penolakan. Artis nu ngalakukeun adegan porno malah ditaronton, dipuji-puji, jeung diundang. Sedengken dina sistem politik jeung ekonomi, urang rela nerapkeun ekonomi liberal nu lamokot ku riba jeung nimbulkeun jurang kaya-miskin.
Hadirin jama’ah ‘Id anu dimulyakeun ku Alloh. Dina kasempetan ieu hayu urang lenyepan dawuhan Allah
“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat kami) itu, maka kami siksa mereka disebabkan perbuatannya. (QS. Al a’raf 96)”
Kusabab kitu, dina momentum idul fitri ieu urang sami-sami ngadeklarasikeun diri kangge ngadisiplinkeun diri dina  ngalaksanakeun parentah Allah sakabehna. Hayu urang sami-sami nyonto generasi awal umat islam tina sikap geuwat tur serius ngajalankeun parentah Allah. Pamungkas doa mugia puasa urang sareng ibadah sanesna di tampi ku Aloh swt, kalepatan kahilafanana mugia Alloh berkenan masihan ampunan ka urang sadayana.
Mugia taufik hidayah di pasihkeun ka urang sadaya,pikeun mapag poe isuk jeung saterusna.
Mudah-mudahan ieu hutbah aya guna sareng manfa’atna, pikeun anu ngadugikeunana,  oge mudah-mudahan aya emutaneun pikeun anu ngadangukeunana.  Amin
 .بارك الله لى ولكم بما فيه من الآيات والذكر الحكيم تقبل الله منا ومنكم صيامنا وصيامكم تقبل ياكريم وكل عام وأنتم بخير تقبل يا كريم. وإنه هو السميع العليم فاستغفروه إنه هو الغفور الرحيم

Khutbah Kedua :
اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (4×) اللهُ اَكْبَرْ كبيرا وَاْلحَمْدُ للهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ الله بُكْرَةً وَ أَصْيْلاً لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَالللهُ اَكْبَرْ اللهُ اَكْبَرْ وَللهِ اْلحَمْدُ.
اْلحَمْدُ للهِ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ. وَاَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثيرًا.
اَمَّا بَعْدُ:
فَيَا مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ رَحِمَكُمُ الله، أُوصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَا اللهَ فَقْدْ فَازَ الْـمُتَّقُوْنَ.
Allahu akbar 3x wa lillahil hamd,
Hadirin jama’ah ‘Id anu dimulyakeun ku Alloh.
Hayu urang sami-sami ngadoa ka Allah
بسم الله الرحمن الرحيم ، الحمد لله رب العالمين ،والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين
اللّهُمَّ اغْفِرْلَنَا وَلِوَالِدَيْنَا وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانَا صِغَارًا، أَللّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اَلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَات
اللّهُمَّ اجْعَلْ عَمَلَنَا عَمَلًا صَالِحًا مُتَقَبَّلًا, مُوَافِقًا بِأَحْكَامِكَ وَخَالِصًا لِوَجْهِكَ
اَللّهُمَّ يَا مُنْـزِلَ الْكِتَابِ وَمُجْرِيَ الْحِساَبِ وَمُحْزِمَ اْلأَحْزَابِ اِهْزِمِ اْليَهُوْدَ وَاَعْوَانَهُمْ والَصَلِّيْبِيِّيْنَ الظَّالِمِيْنَ وَاَنْصَارَهُمْ وَالرَّأْسُمَالِيِّيْنَ وَاِخْوَانَهُمْ وَ اْلإِشْتِرَاكَيِّيْنَ وَالشُيُوْعِيِّيْنَ وَاَشْيَاعَهُمْ
اَللَّهُمَّ ارْحَمْ اُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ رَحْمَةً عَامَّةً تُنْجِيْهِمْ بِهَا النَّارَ وَتُدْخِلْهُمْ بِهَا الْجَنَّةَ. اَللَّهُمَّ اَيُّمَا عَبْدٍ اَوْ أَمَةٍ مِنْ اُمَّةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ يُحِبُّنَا وَيَدْعُوْ لَنَا فَثَقِّلْ مِيْزَانَهُ وَحَقِّقْ اِيْمَانَهُ وَاجْعَلْهُ فِي الْجَنَّةِ الْفِرْدَوْسِ اْلاَعْلَى. وَاَيُّمَا عَبْدٍ اَوْ اَمَةٍ مِنْ اُمَّةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَلَى خَطَأِ وَهُوَ يَظُنُّ اَنَّهُ عَلىَ الْحَقِّ فَرُدَّهُ اِلَى الْحَقِّ رُدًّا جَمِيْلاً. اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا ِلإِخْوَانِناَ الْمُسْلِمِيْنَ حَيِّنِيْنَ لَيِّنِيْنَ سَهِّلِيْنَ حَبِيْبِيْنَ قَرِيْبِيْنَ. وَنَسْأَلُكَ اَنْ تَجْعَلَناَ مُبَشِّرِيْنَ وَمُيَسِّرِيْنَ وَلاَ تَجْعَلَناَ مُعَسِّرِيْنَ وَمُنَفِّرِيْنَ.
اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ دَوْلَةَ الْخِلاَفَةِ عَلَى مِنْهَاجِ النُّبُوَّةِ تُعِزُّ بِهَا اْلإِسْلاَمَ وَاَهْلَهُ وَتُذِلُّ بِهَا الْكُفْرَ وَاَهْلَهُ، وَ اجْعَلْناَ مِنَ الْعَامِلِيْنَ الْمُخْلِصِيْنَ بِإِقَامَتِهَا
رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، وَسُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، كُلُ عَامٍ وَ أَنْتُمْ بِخَيْرٍ
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Khutbah Idul Fitri (Bahasa Sunda)

Khutbah Idul Fitri (Bahasa Sunda)

Bagian Kahiji
اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كبيرا وَاْلحَمْدُ للهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ الله بُكْرَةً وَ أَصْيْلاً لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ اَكْبَرْ اللهُ اَكْبَرْ وَللهِ اْلحَمْد
إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ.
وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.
أَمَّا بَعْدُ؛
يَا أَيُّهَا النَّاسُ أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.
قَالَ تَعَالَى: يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ.

Allahu akbar 3x wa lillahil hamd,
Durugdugna sora bedug, awor jeung seahna sora-sora munajat, ungkapan-ungkapan ngagungkeun asma Alloh anu Maha Kawasa, ku ucapan Takbir, Tahmid, Tasbih, jeung liana, anu teu kendat-kendat ti tadi peuting, ngagambarkeun rasa kabungah anu taya papadana, mudah-mudahan  sing jadi tanda syukur ka Alloh swt, sakumaha ungkapan Hukama :
  مَنْ لَمْ يَشْكُرِ النِّعَمَ فَقَدْ تَعَرَّضَ لِزَوَالِهَا وَمَنْ شَكَرَهَا فَقَدْ قَيَّدَهَا بِعِقَالِهَا.
“ Jalma nu teu daek syukur ni’ mat sarua jeung nangtang leungitna ni’mat, tapi lamun syukur ni’ mat maka  eta sarua jeung nyangcang ni’mat anu moal leupas deui.”
Tina rengse urang ngalaksanakeun ibadah puasa sabulan campleng lilana,  saterusna pidawuhna dina surat Al-Baqoroh ayat 185.
 وَلِتُكْمِلُواالْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوااللهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونْ.
 “ Pek sampurnakeun ku aranjeun itungan bulan Romadlon, sarta dimana geus sampurna sabulan, pek baca Takbir,  agungkeun Alloh tina sabab Mantenna tos mere hidayah ka aranjeun, sangkan aranjeun syukur . “
Hadirin jama’ah ‘Id anu dimulyakeun ku Alloh.
Hiji hal anu teu kaliwat pentingna tur perlu ku urang dilenyepan tina kisah-kisah para sahabat nabi nyaeta sikap geuwat tina raraga nyumponan parentah Allah. Aranjena tara pernah nunda-nunda, aranjeuna oge ngalaksanakeun parentah secara totalitas, tegesna sakabehna!. Momentum idul fitri ieu, anu hadir saparantos urang sarerea ngalaksanakeun shoum dina sasasih lamina, saestuna hadir, salah sahiji hikmahna kangge ngadisiplinkeun raga tur hate urang dina nyumponan sagala anu diparentahkeun ku Allah.
Urang sarerea bisa ngalenyepan tina lobana riwayat anu nyaritakeun geuwat tur gesit na generasi awal umat  islam, sarta sikap serius tina ngalaksanakeun parentah Allah.
Ngariwayatkeun Imam Bukhori ti Aisyah r.a, Anjenuna nyarios:
Mugi-mugi Allah nyumponan rahmat ti kaum Istri nu hijrah paling awal, nalika Allah nurunkeun ayat 31 surat Annur
“Dan hendaklah mereka mengenakan kain kerudung mereka diulurkan ke arah baju mereka”
Anu dipilampah ku aranjeuna kaum istri, nyaeta geuwat nyobek kain sarung, ngadudut lawon, tur langsung dianggekeun kangge nutupan mastakana.
Aya oge kisah sahabat Umair dina nalika perang badar anu ngalungkeun korma kusabab teu sabar hayang geuwat jihad nyambut seruan ti Allah sareng rosulna.
Sareng saderet kisah lian na, anu parantos dicontohkeun ku generasi awal umat islam nandakeun yen dina nyumponan parentah Allah, sikap geuwat, sigep, tur serius ngarupakeun hiji hal anu kudu dilakukeun ku urang salaku hamba. Salah sahiji ciri kualitas iman urang ningkat saparantos didisiplinkeun ku sasih shiyam nyaeta hente nampakna hiji sikap ragu kana syareat Allah sareng eweuh sakolebat oge pikiran kangge nunda parentah Allah.  
Hadirin jama’ah ‘Id anu dimulyakeun ku Alloh.
Saestuna kakiyatan umat Islam kapungkur dina ngajalankeun parentah Allah kabuktos sareng diakui. Sanes wungkul ku urang sorangan umat Islam, bahkan jelema nu lain islam jeung para orientalis oge ngaku kana kahebatan generasi islam kapungkur tina nyekel pageuh syareat Islam, sareng aranjeuna oge mere pengakuan yen iyeu ngarupakeun hiji factor kadigjayaan umat Islam.
George Sarton, salah sahiji pakar sejarah Internasional ngungkapkeun
“tidak ada manusia yang pernah menjadikan agamanya seserius seperti yang dilakukan orang islam. Ini tidak meragukan lagi, sebab utama dan kekuatan mereka melawan musuh-musuh mereka yang terpecah belah dan kepercayaan yang memang lemah dan dangkal”
Anu diungkapkeun Sarton di luhur, sajalan sareng nu pernah di ungkapkeun ku Michael Hearth yen perubahan terbesar sapanjang sejarah umat manusia adalah perubahan terbesar yang dilakukan umat islam di abad VII M. umat islam tina masa-masa jayana hirup dina hiji payung hukum nyaeta Islam, anu berhasil ngebangun wilayah nu luasna ti Spanyol nepika batas Cina.
Hadirin jama’ah ‘Id anu dimulyakeun ku Alloh.
Sakabeh prestasi ieu tangtu kudu jadi bahan introspeksi kangge urang sarerea. Di zaman modern ieu loba pisah pilampah anu melenceng tina atiran Allah. Seecara terang-terangan syareat islam dicampakeun. Hukum-hukum muamalat jeung ukubat ku urang diantepken bahkan dipiceun. Ayeuna urang sarera kapaksa make hukum-hukum barat anu awauh sangkut pautna jeung Islam. Padalah Allah parantos nantang urang sarera tina sikap make hukum-hukum salian ti Islam.
“Apakah hukum jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin?” (QS. Almaidah, 50) 
Bisa katempo kuurang sadayana, yen urang sarera saolah-olah geus nembongkeun sikap satuju tur bogoh kana kamaksiyatan. Penyiar televisi nu ngumbar aurat, ratusan juta umat islam saolah-olah ngantep hente nembongkeun sikap penolakan. Artis nu ngalakukeun adegan porno malah ditaronton, dipuji-puji, jeung diundang. Sedengken dina sistem politik jeung ekonomi, urang rela nerapkeun ekonomi liberal nu lamokot ku riba jeung nimbulkeun jurang kaya-miskin.
Hadirin jama’ah ‘Id anu dimulyakeun ku Alloh. Dina kasempetan ieu hayu urang lenyepan dawuhan Allah
“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat kami) itu, maka kami siksa mereka disebabkan perbuatannya. (QS. Al a’raf 96)”
Kusabab kitu, dina momentum idul fitri ieu urang sami-sami ngadeklarasikeun diri kangge ngadisiplinkeun diri dina  ngalaksanakeun parentah Allah sakabehna. Hayu urang sami-sami nyonto generasi awal umat islam tina sikap geuwat tur serius ngajalankeun parentah Allah. Pamungkas doa mugia puasa urang sareng ibadah sanesna di tampi ku Aloh swt, kalepatan kahilafanana mugia Alloh berkenan masihan ampunan ka urang sadayana.
Mugia taufik hidayah di pasihkeun ka urang sadaya,pikeun mapag poe isuk jeung saterusna.
Mudah-mudahan ieu hutbah aya guna sareng manfa’atna, pikeun anu ngadugikeunana,  oge mudah-mudahan aya emutaneun pikeun anu ngadangukeunana.  Amin
 .بارك الله لى ولكم بما فيه من الآيات والذكر الحكيم تقبل الله منا ومنكم صيامنا وصيامكم تقبل ياكريم وكل عام وأنتم بخير تقبل يا كريم. وإنه هو السميع العليم فاستغفروه إنه هو الغفور الرحيم

Khutbah Kedua :
اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (4×) اللهُ اَكْبَرْ كبيرا وَاْلحَمْدُ للهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ الله بُكْرَةً وَ أَصْيْلاً لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَالللهُ اَكْبَرْ اللهُ اَكْبَرْ وَللهِ اْلحَمْدُ.
اْلحَمْدُ للهِ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ. وَاَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثيرًا.
اَمَّا بَعْدُ:
فَيَا مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ رَحِمَكُمُ الله، أُوصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَا اللهَ فَقْدْ فَازَ الْـمُتَّقُوْنَ.
Allahu akbar 3x wa lillahil hamd,
Hadirin jama’ah ‘Id anu dimulyakeun ku Alloh.
Hayu urang sami-sami ngadoa ka Allah
بسم الله الرحمن الرحيم ، الحمد لله رب العالمين ،والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين
اللّهُمَّ اغْفِرْلَنَا وَلِوَالِدَيْنَا وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانَا صِغَارًا، أَللّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اَلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَات
اللّهُمَّ اجْعَلْ عَمَلَنَا عَمَلًا صَالِحًا مُتَقَبَّلًا, مُوَافِقًا بِأَحْكَامِكَ وَخَالِصًا لِوَجْهِكَ
اَللّهُمَّ يَا مُنْـزِلَ الْكِتَابِ وَمُجْرِيَ الْحِساَبِ وَمُحْزِمَ اْلأَحْزَابِ اِهْزِمِ اْليَهُوْدَ وَاَعْوَانَهُمْ والَصَلِّيْبِيِّيْنَ الظَّالِمِيْنَ وَاَنْصَارَهُمْ وَالرَّأْسُمَالِيِّيْنَ وَاِخْوَانَهُمْ وَ اْلإِشْتِرَاكَيِّيْنَ وَالشُيُوْعِيِّيْنَ وَاَشْيَاعَهُمْ
اَللَّهُمَّ ارْحَمْ اُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ رَحْمَةً عَامَّةً تُنْجِيْهِمْ بِهَا النَّارَ وَتُدْخِلْهُمْ بِهَا الْجَنَّةَ. اَللَّهُمَّ اَيُّمَا عَبْدٍ اَوْ أَمَةٍ مِنْ اُمَّةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ يُحِبُّنَا وَيَدْعُوْ لَنَا فَثَقِّلْ مِيْزَانَهُ وَحَقِّقْ اِيْمَانَهُ وَاجْعَلْهُ فِي الْجَنَّةِ الْفِرْدَوْسِ اْلاَعْلَى. وَاَيُّمَا عَبْدٍ اَوْ اَمَةٍ مِنْ اُمَّةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَلَى خَطَأِ وَهُوَ يَظُنُّ اَنَّهُ عَلىَ الْحَقِّ فَرُدَّهُ اِلَى الْحَقِّ رُدًّا جَمِيْلاً. اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا ِلإِخْوَانِناَ الْمُسْلِمِيْنَ حَيِّنِيْنَ لَيِّنِيْنَ سَهِّلِيْنَ حَبِيْبِيْنَ قَرِيْبِيْنَ. وَنَسْأَلُكَ اَنْ تَجْعَلَناَ مُبَشِّرِيْنَ وَمُيَسِّرِيْنَ وَلاَ تَجْعَلَناَ مُعَسِّرِيْنَ وَمُنَفِّرِيْنَ.
اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ دَوْلَةَ الْخِلاَفَةِ عَلَى مِنْهَاجِ النُّبُوَّةِ تُعِزُّ بِهَا اْلإِسْلاَمَ وَاَهْلَهُ وَتُذِلُّ بِهَا الْكُفْرَ وَاَهْلَهُ، وَ اجْعَلْناَ مِنَ الْعَامِلِيْنَ الْمُخْلِصِيْنَ بِإِقَامَتِهَا
رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، وَسُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، كُلُ عَامٍ وَ أَنْتُمْ بِخَيْرٍ
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Kamis, 01 September 2016

Dokumen Amaliyah TQN PP.Suryalaya: Tawassul Tarekat Qodiriyyah Naqsyabandiyyah Pondok...

Dokumen Amaliyah TQN PP.Suryalaya: Tawassul Tarekat Qodiriyyah Naqsyabandiyyah Pondok...: بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ اِلٰى حَضْرَةِ النَّبِيِّ الْمُصْطَفٰى مُحَمَّدٍ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلٰى اٰ...

Jumat, 01 Juli 2016

PEMBAHARUAN PEMIKIRAN TENTANG ILMU LADUNI


PEMBAHARUAN PEMIKIRAN 
TENTANG ILMU LADUNI 
-Antara Imam Al-Ghazali dan KH Zezen ZA Bazul Asyhab-
Pemahaman yang beredar di masyarakat tentang ilmu laduni adalah ilmu yang diperoleh tanpa proses belajar terlebih dahulu, hanya dengan mengamalkan wirid-wirid tertentu misalkan, Alloh melimpahkan ilmu begitu saja kepada yang orang yang bersangkutan.
Dampaknya banyak penuntut ilmu yang terjebak, beranggapan tidak perlu susah payah belajar, toh nanti bisa “membeli” ilmu laduni, menyepelekan proses perolehan ilmu melalui belajar, dan berani membayar jutaan rupiah kepada orang yang konon bisa mengijazahkan wirid ilmu laduni. Tak sedikit juga yang dipermainkan lamunan berharap mendapatkannya tanpa upaya yang jelas.
Benarkah ilmu laduni sperti itu?
Secara bahasa laduni berasal dari bahasa arab, merupakan hasil penggabungan kata ladun (لَدُنْ) dan ya mutakallim (يْ) sebagai bentuk kata ganti orang pertama tunggal (aku). Dalam tata bahasa arab, kata ladun (لَدُنْ) digunakan untuk menunjukkan makna tempat yang sangat dekat, biasanya diterjemahkan menjadi “sisi”. Maka ilmu laduni bisa diartikan sebagai “ilmu dari sisi-Ku (Alloh)”.
Penggunaan istilah ilmu laduni ini merujuk kepada salah satu ayat dalam al Quran yaitu surat al Kahfi ayat 65 ;
فَوَجَدَا عَبْدًا مِنْ عِبَادِنَا آتَيْنَاهُ رَحْمَةً مِنْ عِنْدِنَا وَعَلَّمْنَاهُ مِنْ لَدُنَّا عِلْمًا
“Lalu mereka bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan kepadanya rahmat dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan kepadanya ILMU DARI SISI KAMI”
Menurut KH Zezen ZA Bazul Asyhab (pangersa Uwa) ilmu laduni adalah "ilmu yang diberikan oleh Alloh kepada orang yang sudah belajar lama, susah payah, mengunakan modal besar, ilmu yang diperoleh ia amalkan oleh dirinya, diberikan dan dibimbingkan kepada orang lain dengan ikhlas tanpa meminta imbalan, tidak pula mengharap jabatan dan sanjungan dll, maka Alloh menilai orang tersebut benar-benar ikut menggarap kebun Alloh (agama), karena semua itu maka Alloh bantu ia dengan ilmu-ilmu yang langsung Alloh berikan kepadanya"
Dari kedua pengertian di atas dapat kita ketahui bahwa memang benar ilmu laduni itu langsung diberikan oleh Alloh, tanpa perantara guru atau buku tetapi untuk menghasilkannya harus memenuhi syarat-syarat sbb :

1. Ada upaya mempelajari berbagai ilmu dengan sungguh-sungguh
2. Ilmu yang sudah didapatkan diamalkan dengan ikhlas, dan
3. Berupaya menyebarluaskan ilmunya kepada orang lain serta mengajak dan membimbing
Ternyata apa yang disampaikan pangersa uwa tentang ilmu laduni, hampir sama dengan apa yang disampaikan oleh imam Al-Ghazali dalam kitabnya Arrisalatu al laduniyyah, pada fasal “hakikat ilmu laduni dan sebab-sebab menghasilkannya”, beliau menyebutkan ada 3 proses yang harus ditempuh dalam menghasilkan ilmu laduni, yaitu ;
1. Berusaha memperoleh seluruh ilmu, dan mencapai bagian yang sempurna dari kebanyakan ilmu-ilmu tersebut
2. Riyadhoh yang benar dan muroqobah yang kuat. Maksud riyadoh dan muroqobah disini adalah perjuangan mengamalkan ilmu-ilmu yang sudah ada dengan ikhlas, oleh karena itu pada pembahasan bagian ini imam al Ghazali mengutip dua buah hadits :
من عمل بما علم اورثه الله علم مالم يعلم

Barangsiapa mengamalkan apa yang ia ketahui, maka Alloh akan mewariskan baginya apa yang belum ia ketahui. Hadits lainnya yaitu
من أخلص لله أربعين صباحا أظهر الله تعالى ينابع الحكمة من قلبه على لسانه

Barangsiapa mengikhlaskan dirinya untuk Alloh selama 40 subuh, maka Alloh akan menampakkan sumber-sumber hikmah dari qalbunya melalui lisannya.
3. Tafakkur ( berfikir dengan ilmu-ilmu yang sudah ia miliki)
Walaupun antara pangersa uwa dan imam Al Ghazali ada perbedaan pada poin nomor 3, namun keduanya sepakat bahwa ilmu laduni Alloh berikan kepada orang yang sudah berjuang mempelajari berbagai disiplin ilmu dan mengamalkannya dengan ikhlas, bukan tanpa didahului proses belajar samasekali.
Dengan demikian, bagi siapa saja yang berharap mendapat ilmu laduni hendaklah berusaha mempelajari berbagai ilmu dengan sungguh-sungguh dan melaksanakan tahapan-tahapan selanjutnya sesuai yang diutarakan di atas.


Download Button

PEMBAHARUAN PEMIKIRIAN TENTANG MEMPELAJARI RUH

PEMBAHARUAN PEMIKIRIAN TENTANG MEMPELAJARI RUH

Berawal dari QS. Al-Isro ayat 85
وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الرُّوحِ قُلِ الرُّوحُ مِنْ أَمْرِ رَبِّي وَمَا أُوتِيتُم مِّن الْعِلْمِ إِلاَّ قَلِيلاً
"Dan mereka bertanya kepadamu tentang ruh, katakanlah wahai muhammad bahwa ruh itu urusan Tuhanku, dan tidaklah kuberikan ilmu kepada kalian kecuali sedikit."
Ayat ini yang sesungguhnya memiliki satu substansi, namun sering dipenggal oleh sebagian orang sehingga menjadi dua substansi.  Sepenggal ayat yaitu
وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الرُّوحِ قُلِ الرُّوحُ مِنْ أَمْرِ رَبِّي
"Dan mereka bertanya kepadamu tentang ruh, katakanlah wahai muhammad bahwa ruh itu urusan Tuhanku."
Penggalan ayat diatas sering dijadikan dalil bahwa ruh jangan dipelajari. 
Sedangkan penggalan ayat yang lainnya yaitu:
وَمَا أُوتِيتُم مِّن الْعِلْمِ إِلاَّ قَلِيلاً
"Dan tidaklah kuberikan ilmu kepada kalian kecuali sedikit."
Ayat ini sering dijadikan dalil untuk menutupi kekurangan pengetahuan. 
Dampaknya sangat signifikan terhadap kemunduran umat islam, diantaranya;
1.      Umat islam; jangankan mengolah ruh, mempelajarinya saja tidak berani. Padahal menurut imam al Ghazali dalam kitabnya Ihya-u 'Ulumiddin, ruh itu semakna dengan qalbu yaitu dimensi ketuhanan dalam diri manusia, merupakan pusat kontrol manusia itu sendiri. Apabila ruhnya baik maka baik pula tingkah lakunya, dan apabila ruhnya rusak, maka rusak pula tingkah lakunya. Contoh 
"Subuh banyakan yang sholat dirumah apa dimasjid?"."Di rumah !"
"Yang sakit badannya apa ruhnya?" ."Ruhnya !"
Orang yang malas, baik malas dalam beribadah ataupun bekerja, yang sakit itu bukan badannya tapi ruhnya dan banyak lagi dampak negatif yang disebabkan sakitnya ruh.
2.      Umat islam banyak yang merasa cukup dengan ilmu yang sudah dimiliki, tidak mau meningkatkan kemampuan. Bahkan ada yang sampai putus asa karena dicekoki dengan pemahaman wamaa uutiitum minal ilmi illa qolilla, "Manusia itu ilmunya sedikit".
Padahal kalau dikaji menggunakan ilmu nahwu dan balaghoh yang benar, ayat tersebut tidaklah bermaksud seperti yang disebutkan di atas. Berikut terjemahan pangersa uwa, KH. Zezen ZA Bazul Asyhab terhadap ayat tersebut:
"Dan mereka bertanya kepadamu tentang ruh, maka katakanlah bahwa ruh itu urusan Tuhanku DAN BENAR-BENAR TELAH KUBERIKAN ILMU TENTANG RUH KEPADA KALIAN SEMUA DALAM KADAR SEDIKIT".
Mengapa pangersa uwa menterjemahkannya seperti demikian? Berikut uraian beliau :
1 - وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الرُّوحِ قُلِ الرُّوحُ مِنْ أَمْرِ رَبِّي وَمَا أُوتِيتُم مِّن الْعِلْمِ إِلاَّ قَلِيل
Antara penggalan ayat pertama dan kedua dihubungkan dengan "wau" ( و) yang menurut ilmu nahwu merupakan haraf athaf bermakna muthlaqul jam'i artinya kedua penggalan ayat tsb memiliki kesatuan substansi. Jangan ada pemisahan substansi.

وَمَا أُوتِيتُم مِّن الْعِلْمِ إِلاَّ قَلِيلاً
"Maa" (ما) yang ada pada kalam diatas adalah maa nafi, yang kemudian diikuti oleh istisna (lafadz illa), dalam ilmu balaghah susunan seperti itu disebut qoshor/takhshis (membatasi/ mengkhususkan). Dalam jauhar al maknun syekh abdurrohman al akhdhori menyebutkan :
وادوات القصر الا انما # عطف وتقديم كما تقدما
Karena susunan ayat tadi termasuk qoshor/takhsis, maka pangersa uwa menterjemahkannya dengan "DAN BENAR-BENAR TELAH KUBERIKAN".
مِّن الْعِلْمِ إِلاَّ قَلِيلاً
Kemudian lafadz "ilmu" pada ayat diatas menggunakan alif lam. Dalam qowaidul irob alif lam fungsinya banyak, diantaranya lil 'ahdidzdzihni, artinya menyimpan makna mengenai suatu hal yang sudah disebut sebelumnya. Maka ilmu yang dimaksud pada ayat tersebut adalah ilmu tentang ruh, karena sebelumnya membicarakan tentang ruh.
Berdasarkan penelaahan di atas, maka lahirlah terjemah surat al isro ayat 85 menjadi
"Dan mereka bertanya kepadamu tentang ruh, maka katakanlah bahwa ruh itu urusan Tuhanku DAN BENAR-BENAR TELAH KUBERIKAN ILMU TENTANG RUH KEPADA KALIAN SEMUA DALAM KADAR SEDIKIT".
Apabila terjemahannya demikian, maka informasi yang kita terimapun berubah. Bukan kita 'tidak boleh' mempelajari ruh, tapi justru 'harus'. Disebutkan ilmu tentang ruh yang Alloh berikan sedikit, itu menurut ukuran Alloh. Sedikit menurut Alloh adalah maha banyak dalam ukuran manusia. 
Ibaratnya kita memancing dikolam lalu dapat ikan mas sebesar paha orang dewasa, tentu kita mengatakan itu ikan yang sangat besar. Namun kalau kita mancing ikan dilautan ,tentulah ikan sebesar paha itu jadi kecil. Karena dilautan yang luas, kita bisa menemukan ikan yang lebih besar seperti hiu dan paus.
Tuan Syekh Abdul Qodir Al-Jailany qs adalah seorang ahli ilmu, hafidzul Quran, beliau hafal al Quran pada usia 10 tahun. Selama hidupnya beliau menyusun puluhan kitab, di bidang tasawuf, fiqih, tauhid, tafsir dan lain-lain. Kalau membicarakan Syekh Abdul Qodir, jangan hanya disebutkan karomatnya saja, kesaktiannya saja, karena itu akan membentuk opini masyarakat terhadap Syekh Abdul Qodir sebagai seorang pendekar, manusia sakti. Kita harus sampaikan juga kecerdasan beliau dalam bidang lain. 
Pantaslah dalam kitabnya sirrul asror, sebelum membahas yang lain beliau mendahulukan membahas ruh. 
Dalam kitab tersebut dijelaskan bahwa ruh ada 4 lapis, yang dituangkan dalam sebuah nadzom/sya'ir sederhana oleh pangersa uwa:
Alam mulki, malakut, jabarut, lahut
Jasad, qolbu, fuad, sirri olah tungtut
Ruh jismani, nuroni, sulthoni, qudsi
Urang terus berjuang nembuskeun diri
(Alam mulki, malakut, jabarut, lahut
Jasad, qolbu, fuad, sirri olah runtut
Ruh jismani, nuroni, sulthoni, qudsi
Kita terus berjuang tembuskan diri)


Download Button